Kondisi terkini di Indonesia terkait perpanjangan masa Status Darurat Corona (Covid-19) berdampak signifikan pada seluruh aspek kehidupan kita, termasuk pada sektor pendidikan. Situasi ini tentu akan berdampak besar terhadap berbagai aktivitas di dunia pendidikan, salah satunya pada prosesPenerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sebagai agenda rutin sekolah untuk mendapatkan siswa baru. Pembatasan aktivitas keluar rumah dan himbauan #dirumahajadalam rangka upaya pembatasan penyebaran pandemi virus Corona tentu akan sangat menghambat metode promosi dan pendaftaran konvensional, jika pihak sekolah tidak tanggap dan tidak segera mengambil keputusan tepat dalam situasi saat ini, bisa diprediksi akan terjadi penurunan yang signifikan jumlah penerimaan siswa baru yang mendaftar ke sekolah tersebut.

Menjelang akhir tahun ajaran 2020/2021, seluruh sekolah Yadika dan Pamor sedang disibukkan dengan berbagai kegiatannya melakukan promosi sekolah dalam rangka mensukseskan PPDB diunit sekolahnya masing-masing. Sejumlah Strategi kerap dilakukan sekolah untuk mempromosikan sekolahnya. Mulai membuat brosur, jemput bola mengenalkan profil sekolah ke sejumlah sekolahan yang berada di tingkat di bawahnya, dan bahkan menggunakan media social untuk promosi sekolah. Namun adanya pendemi covid-19 yang saat ini sedang mewabah menjadi kendala sekolah untuk melakukan beberapa kegiatan promosi sekolah yang selama ini sudah biasa dilakukan.

Beberapa upaya yang harus dilakukan oleh seluruh sekolah Yadika dan Pamor semasa pandemi, yaitu dengan melakukan sinergi manajemen serta merespon cepat tekanan perubahan di masa pandemi. Banyak perubahan-perubahan yang kita alami semasa pandemi terkait hal pemasaran. Kendati demikian, kita harus tetap berusaha menangkal berbagai permasalahan yang di hadapai saat ini.

Seperti yang kita ketahui bersama-sama, disetiap sekolah Yadika dan Pamor sudah memiliki tim pemasaran sekolah. Dimana tim tersebut  dalam menjalankan aktivitasnya terbagi ke dalam dua bagian yakni Promotion dan Research and Media Development.

  • Bagian promosi, memiliki tugas antara lain: melakukan aktivitas promosi seperti pameran pendidikan, sosialisasi sekolah, kunjungan sekolah, sponsor, produksi alat promosi, dan layanan desain grafis.
  • Bagian Research and Media Development,  memiliki tugas antara lain: manajemen sosial media, menajemen iklan, penelitian dan evaluasi, serta meningkatkan kapasistas pembangunan.

Tugas utama tim pemasaran di sekolah Yadika dan Pamor  yaitu meningkatkan brand reputation, brand awarness, brand engagement serta promosi penerimaan peserta didik baru (PPDB). Tidak hanya menjalankan fungsi promosi, tetapi jauh dari itu, tugas kita juga menjaga citra serta profil institusi.

Sebagai langkah adaptasi di masa pandemi, kami himbau agar tim maketing yang ada disekolah  Yadika dan Pamor  wajib berbagi tugas, dimana pembagian tugas tersebut terdiri dari;

  1. Social media specialist, yang bertugas melakukan pengawasan, analisis serta menajemen iklan
  2. Social media creative, bertugas membuat konten, caption dan lainnya
  3. Social media admin,  menjadwalkan postingan, dan membalas pesan orang tua atau calon siswa
  4. Creative visual, membuat desain dan video untuk promosi

Agar semua tugas-tugas tim marketing tersebut dapat terlaksana dengan baik, kami berharap semua Kepala Sekolah Yadika dan Pamor wajib memperhatikan serta memfasilitasi dan memenuhi segala kebutuhan yang berhubungan dengan pemasaran atau promosi sekolah.

Untuk beradaptasi di kala pandemi seperti saat ini, ada beberapa kebijakan baru yang dapat kita lakukan atau terapkan disekolah Yadika dan Pamor dalam hal bauran pemasaran yang terdiri dari 4P yakni product, price, place and promotion.

  1. Product 

Sekolah Yadika dan Pamor harus konsisten dan berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik terhadap orang tua dan siswa, terutama dalam hal pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Di masa pandemi ini, sebagian besar kegiatan harus dilakukan secara daring, sehingga hal itu dilakukan untuk menguatkan promosi sekolah.

2. Price

Setiap Kepala Sekolah Yadika dan Pamor bebas membuat kebijakan dalam hal ketetapan pembiayaan disekolahnya masing-masing. Untuk itu strategi yang dapat dilakukan dari segi Price antara lain:

  1. Memberikan keringanan ketentuan pembayaran biaya pendaftaran
  2. Memberikan bantuan berupa beasiswa kepada siswa berprestasi dan siswa dari keluarga tidak mampu
  3. Memberikan bantuan koneksi internet berupa paket kuota gratis untuk kegiatan PJJ selama masa pandemi covid
  4. Memberikan keringanan pembayaran SPP selama masa pandemi covid

3. Place

Mengubah sebagian besar layanan luring menjadi daring.

4. Promotion

Dalam hal promosi  lebih mengoptimalkan pemasaran digital serta penguatan brand engagement.

Promo sekolah tidak melulu dilakukan dengan iklan penerimaan siswa baru tetapi dapat juga dilakukan dengan produksi konten yang berkaitan dengan kehidupan sosial atau kegiatan-kegiatan siswa disekolah. Beberapa contoh video terkait hal tesebut dapat diakses di sosial media.  Sebagai upaya mengoptimalkan media sosial, hal yang penting adalah pembuatan konten-konten menarik, yang menekankan pada nilai informasi, nilai aspirasi, nilai ekonomi, nilai sosial, serta nilai hiburan. Tidak ada resep tunggal untuk strategi pemasaran yang paling manjur, setiap gagasan perlu dikontekstualisasikan,

Untuk itu, Bidang Pendidikan Yadika khususnya Kasubid Marketing telah merumuskan beberapa strategi pemasaran yang dapat kita lakukan di masa pandemi covid ini. Strategi pemasaran tersebut antara lain:

  1. Daftar cukup dari rumah saja

Daftar cukup di rumah saja, merupakan strategi pendaftaran calon siswa baru yang dapat dilakukan di rumah (secara online) mulai dari pendaftaran, seleksi/penjurusan, hingga proses registrasi.

2. Optimalisasi database

Optimalisasi database, dilakukan dengan melakukan panggilan telepon kepada calon siswa baru yang belum melakukan daftar ulang, mengirim informasi tentang profil sekolah kepada calon siswa baru, mengirim pesan kepada calon siswa baru, serta memanfaatkan grup whatsApp sebagai sarana diskusi.

3. Kerjasama sekolah

Yang tidak kalah menarik adalah kerja sama sekolah. Menjamin komunikasi dan kerjasama yang baik dengan pihak sekolah lain (target) terutama dengan walikelas, guru BP/BK, dan juga operator sekolah. Guru merupakan sumber informasi bagi siswa, maka dengan kerja sama tersebut, memungkinkan untuk menyebarkan informasi secara tepat sasaran.

4. Social media campaign

a. Seluruh sekolah Yadika dan Pamor wajib memposting atau meng’upload video profil sekolah di media sosial sekolah.

b. Memposting informasi-informasi penting perihal info PPDB di media sosial

c. Membagikan dokumentasi kegiatan siswa/I Yadika dan Pamor baik berupa tayangan foto maupun video ke media sosial

d. Mensosialisasikan profil sekolah dimedia sosial terutama di grup WA orang tua siswa, alumni, maupun calon siswa.

5. Digital marketing

Mengingat semakin luasnya masyarakat Indonesia yang saat ini sudah terhubung dengan internet serta aktif menggunakan media sosial, maka sangat diyakinin bahwa program digital marketing merupakan aspek penting. Program ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai saluran media, mulai dari youtube, instagram, facebook, google ads, WA, tiktok, line, dan twitter.

6. Spiritualitas

Program yang juga harus konsisten di jalankan adalah program Spiritualitas. Perogram ini dapat dilaksanakan di sekolah melalui kegiatan Rohis dan Rohkris. Kegiatan ibadah tersebut dapat dilakukan secara online. Di saat pandemi seperti ini, aktivitas tersebut harus terus berlangsung, hanya bedanya dulu dilaksanakan disekolah tetapi sekarang di rumah masing-masing.

7. Berdoa dan berikhtiar

Sebaik-baik ikhtiar adalah ketika dilakukan dengan diiringi permohonan doa kepada TYME. Seekor burung hinggap di ujung ranting tidak pernah takut rantingnya patah, bukan karena ia percaya pada kekuatan rantingnya, namun karena ia percaya pada kekuatan sayapnya. “Artinya memahami kekuatan dan potensi sendiri itu merupakan bagian penting. Sebaik-baik ikhtiar adalah ketika kita melakukan sesuatu selallu diiringi dengan berdoa memohon kepada Tuhan sang pencipta langit dan bumi.

SEMOGA PPDB YADIKA DAN PAMOR MENCAPAI TARGET YANG DIHARAPKAN

YADIKA JAYA

Salam Sukses PPDB

Kasubid Marketing Yadika dan Pamor

(Yenni Siahaan, M.Pd.,M.Ak)